Senin, 10 Mei 2010

Bahasa Indonesia: Ngulang (SMA)

Dalam laporan Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan, Mungin Eddy Wibowo menuturkan, kebanyakan mata pelajaran yang diulang pada Ujian Nasional (UN) Ulangan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran Bahasa Indonesia memiliki tingkat kelulusan terendah, sebanyak 75 persen siswa yang tidak lulus UN Utama, gagal di mata pelajaran bahasa Indonesia.
 
Dalam laporannya Mungin juga mengatakan bahwa “UN Ulangan ini dilaksanakan di tiap propinsi, ada 2 mata pelajaran yang diujikan hari ini yaitu mata pelajaran bahasa Indonesia dan mata pelajaran sesuai dengan program studinya,” 

Kemendiknas sudah menyiapkan 3 paket soal UN sebelum penyelenggaraan UN tahun ini yaitu UN Utama, UN Ulangan, UN Cadangan. Semua soal-soal UN Ulangan disusun oleh persatuan guru mata pelajaran yang membuat soal UN termasuk UN Ulangan.
 
Siswa setelah lulus UN Ulangan akan mendapatkan surat keterangan hasil UN yang mencantumkan dua nilai yaitu nilai UN utama dan nilai UN ulangan. Pencantuman dua nilai tersebut untuk membedakan siwa yang mengulang UN dengan siswa lulus UN utama.

Diutarakannya, pengawasan UN tidak berbeda dengan UN Utama. Demikian juga dengan tingkat kesulitan UN Ulangan sama dengan UN Utama. Pengumuman hasil UN Ulangan akan diumumkan di pada 8 Juni nanti.

“ Sejauh ini pelaksanaan UN Ulangan berjalan dengan lancar,” katanya. Setelah UN Ulangan SMA, pada tanggal 17-20 Mei nanti akan diadakan UN Ulangan SMP dan sederajatnya. Sumber : Republika

By : Heru Cahyono.




Tidak ada komentar:

 
 

© Heru Cahyono Copyright by "Gerakan Pelajar Kreatif"

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks