Kamis, 03 Juni 2010

Muhammadiyah Gelar Forum Perdamaian Dunia

Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan Cheng Ho Multi Cultural Trust Malaysia akan menyelenggarakan Forum Perdamaian Dunia (Wolrd Peace Forum/WPF) ketiga di Yogyakarta tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 2010.
Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin di Jakarta, Kamis, forum itu akan diikuti 150 peserta dari dalam dan luar negeri yang terdiri atas pemuka berbagai agama, tokoh politik, akademisi, cendikiawan, pengambil kebijakan, praktisi media dan pegiat perdamaian.
Sejumlah tokoh dunia, kata dia, untuk menjadi pembicara dalam forum  tersebut termasuk diantaranya mantan Presiden Iran Mohammad Khatami, Muhammad Ahmed al-Sharif dari Libia, Mufti Mesir Syeikh Ali Jum`ah, dan Ratu Noor dari Yordania.
Tokoh lain yang diundang adalah William F. Vendley dari WCRP Amerika Serikat, Mike Hardy dari British Council, Mufti Bosnia Mustafa Ceric, Hamid Barra dari Filipina dan Sekretaris Jenderal OKI Ekmeleddin Ihsanoglu.
"Mereka semua diundang untuk duduk bersama membahas perdamaian karena perdamaian bukan hanya berkaitan dengan agama, tapi juga dengan faktor-faktor yang lain," kata Din.
Pertemuan untuk membahas perdamaian dunia kali ini, menurut Dewan Pengarah WPF Didik Junaidi Racbini, mengangkat tema Pengarusutamaan Pendidikan Perdamaian: Mengembangkan Strategi Kebijakan dan Jaringan Kerja.
"Ini sangat penting mengingat perdamaian sangat tergantung pada perilaku dalam sistem, sementara perilaku tergantung pada pendidikan. Perdamaian akan kacau kalau tidak ada pendidikan perdamaian yang baik," katanya.
Pertemuan yang ditujukan untuk menggali dan memperkuat gagasan tentang pendidikan perdamaian itu, kata Din, diproyeksikan menghasilkan deklarasi dan konsensus peserta serta rekomendasi bagi pemangku kepentingan terkait.
"Dan yang paling penting adalah pesan-pesan perdamaian yang akan disampaikan bersama dengan hasil pembahasan forum. Hasil WPF akan disampaikan ke berbagai organisasi internasional termasuk PBB," katanya.
Forum pembahasan perdamaian yang rencananya dibuka secara resmi oleh Ketua MPR RI Taufik Kiemas dan ditutup oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sumber: YahooNews [Heru Cahyono]

Tidak ada komentar:

 
 

© Heru Cahyono Copyright by "Gerakan Pelajar Kreatif"

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks