Rabu, 14 April 2010

108 Pelajar Adu Cerdas Cermat Fisika

SAMARINDA – Sebanyak 108 orang pelajar SMP dan SMA se-Kaltim beradu dalam Ajang Cerdas Cermat Fisika yang digelar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (Himapfis) FKIP Unmul, Senin (12/3) di GOR 27 September Unmul. Mereka dikelompokkan dalam 36 tim, terdiri dari 18 tim SMP dan 18 tim SMA.

Peserta kali ini berasal dari sejumlah pelajar dari Samarinda, Sendawar, Kotabangun, Anggana, Tenggarong, Tarakan dan Bontang. Pada babak penyisihan kemarin, peserta harus melewati tiga sesi, yakni soal wajib jawab, animasi dan babak rebutan. Ketua Panitia Cerdas Cermat Fisika, Akhmad Fauzi mengatakan kegiatan ini diadakan untuk mengenal fisika lebih mendalam sekaligus sebagai ajang silaturrahim. "Seperti diketahui, selama ini fisika dianggap momok bagi sebagian besar pelajar. Padahal itu tidak benar, fisika sangatlah mudah. Semua bisa dipelajari," kata Fauzi.

Kabar gembira juga disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Kaltim, Suparman "Kami akan memberikan reward kepada para pemenang 1 hingga 3 dalam ajang cerdas cermat fisika," ucapnya usai menghadiri pembukaan Cerdas Cermat Fisika kemarin. Namun, ia belum bisa memastikan besaran uang yang diterima para pemenang karena masih menyesuaikan dengan alokasi dana yang ada. Kalau tahun lalu, tambahnya, juara 1 mendapatkan Rp 1,5 juta. "Tahun ini, kemungkinan nilai reward  sama seperti tahun lalu," tuturnya.

Ia mengemukakan tahun ini Dinas Pendidikan Kaltim mengalokasikan dana sebesar Rp 2 miliar untuk para pelajar Kaltim yang berprestasi dalam ajang lomba akademis, seni maupun olahraga, baik tingkat provinsi, nasional maupum internasional. "Penghargaan ini diberikan kepada seluruh pelajar Kaltim yang sukses mengukir prestasi dan mengharumkan nama Kaltim," tuturnya. "Kami juga memberikan beasiswa kepada 7.500 orang mahasiswa berprestasi namun kurang mampu. Mahasiswa mendapatkan alokasi dana khusus dari Biro Sosial," kata Suparman. Ajang Cerdas Cermat Fisika ini menjadi rangkaian kegiatan Pekan Fisika XI. Selain itu, panitia juga akan menggelar Olimpiade Fisika, Mading Sains 3 Dimensi dan Lomba Desain Blog Fisika dalam sepekan ini. Sumber berita: http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/54385

Heru Cahyono, Mahasiswa Akademi Akuntansi Muhammadiyah Klaten, Sekretaris Umum PD IPM Klaten

Tidak ada komentar:

 
 

© Heru Cahyono Copyright by "Gerakan Pelajar Kreatif"

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks